Tuesday, July 9, 2013

Sejarah Permainan Monopoli

Sebelum Monopoli sudah ada permainan-permainan yang serupa, di antaranya adalah The Landlord's Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie untuk mempermudah orang mengerti bagaimana tuan-tuan tanah memperkaya dirinya dan mempermiskin para penyewa. Magie memperkenalkan permainan ini di tahun 1904.
Walaupun permainan ini dipatenkan, tidak ada produsen yang memproduksinya secara luas sampai tahun 1910 oleh The Economic Game Company di New York. Di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Company di London dengan nama Brer Fox an' Brer Rabbit.
Selain melalui penjualan, permainan ini juga tersebar dari mulut ke mulut dan variasi-variasi lokal juga mulai berkembang. Salah satunya adalah yang disebut Auction Monopoly atau kemudian disingkat menjadi Monopoly. Permainan ini kemudian dipelajari oleh Charles Darrow dan dipatenkan dan dijual olehnya kepada Parker Brothers sebagai penemuannya sendiri. Parker mulai memproduksi permainan ini secara luas pada tanggal 5 November 1935.
Ternyata sejarah permainan monopoli memiliki cerita kontroversialnya mengenai siapa pemilik hak paten yang sesungguhnya.Mari kita ikutinjalan cerita munculnya permainan Monopoli ini :
-> Jauh sebelum Charles Darrow mematenkan permainan monopoli ini, Sudahada permainan yang seperti monopoli ini. Permainan ini dinamakan The Landlord's Game (Permainan Tuan Tanah) di ciptakan oleh Elizabeth Magie di tahun 1904
-> Ide Magie menciptakan permainan ini berharap dapat mempermudah menerangkan prinsip2 Georgism, sistem yang di usulkan oleh Henry George, bagaimana para pemilik tanah memperkaya diri melalui penarikan sewa tanah mereka.
-> Walaupun di patenkan thn 1904 , Permainan ini justru mulai di terbitkan oleh The Newbie Game Company di London tahun 1913 dengan nama Brer Fox an' Brer Rabbit.
-> Magie kemudian kembali menjual hak patennya tahun 1935 kepada Perusahaan Parker Brother senilai $500.
-> Ternyata di belahan lain , Di awal tahun 1930 Charles Darrow dari Germantown, Pennsylvania yang terkena dampak dari masa depresi hebat yang melanda Amerika, terinspirasi untuk merancang apa saja yang akan dia lakukan jika suatu saat nanti ia menjadi jutawan. Semua gagasan itu di wujudkan dalam permainan. Sebuah permainan uang dengan mengunakan versinya sendiri(Terlepas dari apakah Charles Darrow pernah memainkan permainan The LandLord sebelumnya)
-> Sampai tahun 1930 Charles tidak sanggup lagi untuk menangani permintaan yang datang. Ia kemudian menjual hak patennya kepada perusahaan yang sama dengan Magie, yaitu Parker Brother dan menarik royalty untuk tiap permainan yang terjual.
-> Pada awalnya Parker Brother sempat menolak dengan berbagai alasan. Salah satu alasan nya adalahsudah ada permainan yang serupa dengan permainan tersebut. Akan tetapi karena melihat tingginya penjualan permainan ini pada hari natal 1934, Parker Brother mulai berubah pikiran.
-> Tahun 1935 Permainan Monopoli versi Charles membooming, Magie pun ikut mengklaim hak nya atas penjualan permainan tersebut, Maka Parker Brother kembali memproduksi dan memasarkan permainan tersebut dengan tiga nama yang berbeda , Salah satunya dengan nama The LandLord Games yang sempat terjual beberapa ratus salinan sebelum di hentikan.
-> Menjelang tahun 1970, sejarah awal dari permainan monopoli mulai terhapus, Masyarakat lebih mengenal permainan Monopoli yang diciptakan oleh Charles Darrow. Sejarah ini juga diceritakan dalam buku The Monopoly Book: Strategy and Tactics of the World's Most Popular Game, oleh Maxine Brady yang dicetak dalam tahun 1974.
-> Profesor Ralph Anspach pernah melayangkan tuntutan kepada Parker Brothers mengenai hak tanda perniagaan permainan Monopoly.
-> Profesor Anspach juga menerbitkan buku mengenai penyelidikannya dengan judulThe Billion Dollar Monopoly Swindle (Penipuan Monopoly Berbilion Dollar) di mana dia menghujahkan sejarah awal permainan Monopoly dan perkembangan permainan tersebut.
-> Tuntutan ini berlarutan hingga pertengahan tahun 1980-an dan status perundangan hak milik perniagaan permainan Monopoly tergantung tanpa rumusan. Kini hak tersebut masi dipegang oleh Parker Brother dan mengakui Charles Darrow sebagai pemilik sah permainan monopoly.
-> Perlu di ketahui bahwa kini permainan Monopoly adalah merek internasional yang dimiliki Hasbro (Induk dari Parker Brother) dan sudah dijual lebih dari 105 negara dan diterjemahkan dalam 39 bahasa.

Sumber : wikipedia.org

0 komentar:

Post a Comment

Anda Mungkin Berminat